Sabtu, 12 November 2016

Perbedaan Bordir Manual dan Komputer

Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik - manik, bulu burung, dan payet.


Mesin bordir ada 2 macam yaitu yang otomatis (bordir komputer) dan yang manual.

A.    Bordir Manual
Bordir manual proses bordir manual persiapannya sangat sederhana, yaitu kita print(lukis) gambar yang akan dibordir pada kertas karkir sesuai yang kita inginkan  dengan memakai pensil 2b .kemudian kertas karkir itu ditempelkan ke media(kain dll) yang akan dibordir. Setelah itu proses bordir di laksanakan,bagus atau tidaknya hasil bordir tergantung pada keadaan orangnya juga kondisi mesin. biasanya bordir manual diakukan karene jumlah order sedikit (dibawah 1 lusin) dan juga bordir nama.

Proses bordir manual
Sangat sederhana dalam persiapannya, cukup dengan gambar yang sudah kita setting lalu print sesuai dengan skala yg kita inginkan, kalau bisa kita print 2 lbr, yg 1 berwarna karena dengan diprint warna si tukang bordir mendapatkan acuan warna untuk proses bordir, dan yang satunya hitam putih untuk penjiplakan (trace) dari kertas ke bahan yang akan dibordir. 

Kalau untuk produksi secara massal dan apabila yg dibordir itu merupakan logo yang rumit bordir manual kurang bisa diandalkan dan hasilnya tidak konsisten (bisa tidak sama bentuk hasilnya satu sama lain). Karena bordir manual sangat bergantung dengan kelihaian si tukang bordir (s.d.m), dalam usaha konveksi biasanya pengerjaan bordir manual difokuskan untuk : 

- jaket (apabila ada nama atau inisial berbeda)
- kaos bola (untuk nama dan nomor yang di bordir list atau disebut juga aplikasi) 
- topi untuk nama masing- masing
- jumlah order yg sedikit. (karena tidak memenuhi quota untuk bordir komputer). 

B.     Bordir komputer
Pada bordir komputer tahapan pengerjaannya pertama-tama yaitu pembuatan program gambar ( kebanyakan memakai program wilcom tajima dengan versi yang berbeda-beda) biasanya disebut dengan film pancing,kemudian film pancing disimpan dalam file kecil dengan nama tertentu dengan format tertentu tergantung mesin . Serelah film pancing selesai maka kemudian film tersebut dimasukkan kedalam head mesin bordir  komputer ,dan operator mesin akan menyesuaikan dan mengatur margin ,warna benang dan letak bahan yang akan dibordir.proses bordir kemudian dilakukan. Hasil kerja bordir komputer pastilah lebih rapi dan sama antara satu dan yang laiinya.meskipun demikian hasil akan tergantung juga pada operator  mesin dan si pembuat film pancing  dalam hal pengaturan rajutan, kepadatan tusukan (jumping,tatami,satin dll)

Proses bordir komputer :

Tahap persiapan dari bordir komputer memerlukan pembuatan gambar ulang dengan program khusus yg disebut dengan pembuatan film pancing. Nama software tersebut adalah willcom tazima dengan versi yang berbeda beda, film pancing akan disimpan di file kecil dengan format tertentu misalnya mesin yg akan dipakai mesin jepang atau mesin china.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar