Sabtu, 12 November 2016

Mengenal Mesin Bordir Komputer

Mengenal Peluang Usaha Bordir Komputer

Mesin Bordir Komputer  usaha bordir
Usaha bordir adalah salah satu usaha potensial yang masih memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi pelaku usahanya. Sekala usaha bordir home industry semakin banyak diminati karena tidak memerlukan investasi yang terlalu besar jika dibandingkan dengan usaha dengan sekala pabrikan. Untuk memulai usaha bordir sekala home industry tidak memerlukan ruangan yang sangat luas.Dengan memakai ruangan yang kecil pun usaha dapat dijalankan.

Usaha bordir sekala home industri juga tidak memerlukan banyak tenaga kerja karena dapat dikerjakan oleh anggota keluarga.Walaupun sekala usahanya tidak besar, namun usaha ini dapat menghasilkan kualitas bordir yang halus tidak kalah dengan hasil bordir dari industry besar.Apalagi jika anda menggunakan mesin bordir komputer sebagai sarana menghasilkan bordiran pada medianya.

Jadi, tidak perlu ragu untuk memulai usaha bordir walaupun masih dalam sekala indusrty kecil.Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih mesin bordir yang sesuai dengan kebutuhan usaha bordir yang akan anda jalankan kemudian. Pengenalan mesin bordir komputer serta teknik bordir diperlukan sebelum memulai usaha bordir.

mesin bordir komputer

Dari cara pemakaiannya ada dua jenis mesin bordir, yaitu mesin bordir manual dan mesin bordir komputer.Pembahasan kali ini memfokuskan pada mesin bordir komputer.Ada beberapa merk ternama mesin bordir seperti Tajima, Barudan,Melco,Ricoma,SWF dan Azura. Dari merk-merk mesin bordir tersebut memiliki tipe dan ukuran bordir yang bervariasi.Masing-masing memiliki keunggulan dan kemampuan bordir yang berbeda.

Mesin bordir komputer juga memiliki beberapa jenis berdasarkan head atau kepala mesin yaitu antara lain adalah mesin bordir 1 kepala, mesin bordir 2 kepala,mesin bordir 4 kepala, mesin bordir 6 kepala sampai dengan mesin bordir 12 kepala. Kecepatan maksimum mesin bordir komputer adalah antara 1000-1200 rpm yang artinya dalam 1 menit, mesin bordir dapat menghasilkan 1000 tusukan jarum atau stitches. Beberapa merk mengklaim mampu mencapai kecepatan tinggi sebagai salah satu bentuk nilai jual mesin bordir tersebut.

mesin bordir 12 kepala
Akan tetapi, perlu dipahami juga bahwa kecepatan tinggi atau maksimum mesin bordir komputer bukan suatu faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan produksi. Produktivitas mesin merupakan indikator utama keberhasilan menjalankan mesin bordir yang mengacu pada kestabilan mesin serta mempertimbangkan faktor resiko yang mungkin terjadi. Sebagai contoh walaupun menggunakan kecepatan maksimum dalam membordir, resiko yang mungkin terjadi adalah putusnya benang bordir berkali-kali yang akan membuang waktu dan bahan produksi. Jadi sebaiknya gunakan mesin bordir komputer dengan kemampuan optimal untuk tetap menghasilkan bordiran yang terjaga kualitasnya.  

Teknik Mesin Bordir Komputer

Pada awalnya,usaha bordir merupakan jenis kerajinan tangan yang membutuhkan ketrampilan tangan pemakainya. Dengan hadirnya mesin bordir komputer, maka teknik membordir menjadi lebih modern karena proses bordir mengandalkan teknologi canggih yang tidak memerlukan ketrampilan tangan lagi.Kebutuhan teknik bordir komputer ini muncul salah satunya karena kebutuhan produksi dalam jumlah besar dan cepat sehingga dibutuhkan kecepatan proses produksi untuk menyelsaikannya. Dengan sekali proses saja,mesin bordir komputer bisa menyelesaikan lebih dari sepuluh helai kain bordir dengan pengerjaan yang rapi.

Secara teknis, mesin bordir komputer menggunakan software yang membantu mendesain bordir untuk selanjutnya bisa dibaca mesin yang kemudian memprosesnya sesuai pola bordir yang sudah dimasukan ke komputer. Oleh karena itu dibutuhkan operator yang terampil dan menguasai sistem komputer tersebut untuk mengoperasikan mesin bordir komputer agar berjalan dengan baik.

desain wilcom embroidery studio.software komputer untuk desain pola bordir komputer


Harga mesin bordir komputer
Harga mesin bordir komputer bervariasi bergantung pada jenis dan merknya. Harga mesin bordir komputer 1 kepala baru yang berkualitas baik berkisar mulai 75 juta rupiah.Akan tetapi saat ini mesin bordir bekas pun banyak diminati.Dengan catatan mesin bordir tersebut telah dilakukan rekondisi sehingga mesin menjadi seperti baru kembali dengan kualitas yang tidak kalah dengan mesin baru dan tentu dengan harga yang lebih murah.

Jadi, beberapa poin penting yang ingin disampaikan pada pembahasan ini adalah :

1. Usaha bordir komputer sekala home industry merupakan usaha potensial yang masih layak diperhitungkan karena beberapa hal yaitu tidak memerlukan tempat yang luas  dan tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menjalankan usaha.

2. Pastikan mesin bordir komputer yang sesuai untuk kebutuhan usaha anda dari beberapa sisi seperti merk,tipe head (jumlah kepala bordir) dan memperhatikan kecepatan mesin untuk mengoptimalkan hasil produksi.

3. Persiapkan operator mesin bordir sebagai pemegang kendali operasional mesin bordir komputer anda nantinya.

4. Anda bisa memulai memilih dan membeli mesin bordir baru atau bekas dengan pertimbangan harga, kualitas mesin dan kemampuan finansial anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar